NEWS

Tips untuk Merawat dan Menyimpan Barang-Barang Koleksimu
Source : loop.co.id
Post date : 11-11-2015

Mengoleksi barang memang sesuatu yang menyenangkan. Tapi kamu juga harus ekstra hati-hati terhadap barang-barang koleksimu itu. Salah satu upaya yang harus kamu lakukan adalah menjaga dan merawatnya. Nah dalam artikel kali ini akan dipaparkan tips bagaimana cara menjaga barang-barang koleksi kamu. Simak baik-baik ya.

Untuk barang-barang kecil

Contohnya barang-barang kecil ini adalah pensil, pulpen, gantungan kunci, atau barang-barang kecil lainnya. Untuk menyimpan barang koleksi ini, kamu bisa menyimpannya di dalam sebuah kotak sehingga nggak mudah tercecer dan nggak terkena debu.

Untuk barang-barang lembut

Barang-barang lembut di sini seperti boneka atau bantal-bantal lucu. Kalo kamu ingin barang-barang ini awet, lebih baik kamu simpan dengan membungkusnya dengan plastik. Cara membungkusnya persis seperti membungkus parcel biar kelihatan lebih artistik. Hehe. Tapi kalo misalnya kamu nggak mau dibungkus, kamu bisa mencucinya minimal 2 minggu sekali biar nggak kotor dan berdebu.

Untuk barang-barang fashion

Kalo barang-barang fashion, kamu pasti udah tahu kan apa aja itu, seperti baju, tas, dan sepatu.

  • Untuk baju-baju handmande atau yang punya detil sulam, kamu nggak perlu terlalu sering mencucinya. Kalo kamu memakainya nggak terlalu lama dan nggak bau atau terkena noda, cukup kamu angin-anginkan aja.
  • Terus buat baju yang punya banyak detil seperti gaun pesta atau kebaya, cara menyimpannya adalah masukkan aja ke dalam kotak ya.
  • Untuk sepatu, setiap 2 minggu sekali, keluarkan sepatu dari kotaknya dan angin-anginkan sebentar. Letakkan juga silica gel dalam kotak sepatu biar udara di dalam kotak nggak lembab. Kamu juga bisa menggunakan shoes trees saat menyimpan sepatu agar bentuknya tetap terjaga.
  • Untuk tas, agar bentuknya terjaga, kamu bisa menggunakan koran untuk dimasukkan ke dalam tas. Jangan meletakkan tas dalam keadaan saling tindih ya.

Untuk barang koleksi seperti buku, komik, majalah, dan kaset

Untuk barang-barang ini, kamu bisa menyimpannya di tempat yang kering. Manfaatkan silica gel seperti perawatan sepatu untuk menghindari udara lembab yang bisa bikin barang berjamur. Gunakan kotak penyimpanan dari bahan plastik atau kayu. Oh ya jangan lupa memberi anti rayap pada kotak penyimpananmu ya. Buat koleksi seperti komik, buku, atau majalah, kamu bisa menyampulnya dengan sampul plastik transparan biar terhindar dari debu.

Nah, semoga tips untuk menyimpan barang-barang koleksi ini berguna buat kamu ya. Selamat menjadi kolektor barang!


Artikel / Berita Terkait

STATISTIK PENGUNJUNG